Rabu, 20 April 2016

Salam Bumi Tiu Roton

Tiu Roton
Selain terkenal dengan wisata tiga gilinya Kabupaten Lombok Utara juga terkenal dengan wisata air terjun dan keindahan wisata pantai. Salah satu tempat wisata yang belum banyak dikenal, ya Tiu Roton. Tiu Roton? Ya Tiu Roton. Apa sahabat-sahabat pernah mendengarnya? Tiu Roton merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Lombok Utara. Lokasi tempat ini berada di dataran tinggi tepatnya Dusun Terengan. Tiu roton menawaran wisata alam dengan suasana perbukitan yang alami dan kesejukan alam. Air yang mengair dari pedalaman hutan menjadi objek utama di pemandian Tiu Roton. Suasana alam dan hutan yang masih alami membuat banyak orang berkunjung dan betah berlama-lama disana.

Tiu Roton

Nama Tiu Roton sendiri memiliki makna dan filosofi tersendiri bagi penduduk setempat. Tiu yang berarti ‘kolam’ dan Roton yang menurut penduduk setempat berarti ‘berundak-undak’. Dari dua kata tadi terbentuklah nama Tiu Roton yang memiliki arti pemandian kolam yang berundak-undak sesuai dengan bentuk dan keadaannya. Hal ini tentunya menjadi suatu yang menarik dan unik bagi sahabat-sahabat yang baru mengetahuinya. Memang benar adanya bahwa kolam pemandian yang sedang naik daun ini bentuknya seperti kolam dan berundak-undak. Bentuknya yang menarik ini memungkinkan pengunjung untuk mandi di kolam yang berbeda. 

Dusun ini sedikit unik mulai dari pemukiman penduduk yang terletak di lereng bukit sehingga bahasa dan penduduknya yang masih tradisional. Kebiasaan gotong royong dan saling berbagi antar sesama masih terjalin dengan baik, dusun ini memiliki hutan lindung, mata air dan air terjun. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani dan peternak. Penduduk di daerah ini juga memanfaatkan lahan pekarangan sebagai tempat bercocok tanam yang salah satunya tanaman hortikultura. Nah kembali ke topik awal, Tiu Roton! Untuk sahabat-sahabat yang membaca tulisan ini dapat salam dari Bumi Tiu Roton, bumi yang hangat dengan keindahannya, bumi yang ramah dengan penghuninya, bumi yang damai dengan kesejukannya, bumi dengan seribu pohon kelapa yang menawan nan mempesona. Jika sahabat-sahabat berkunjung ke Tiu Roton mata sahabat-sahabat akan dimanjakan dengan hamparan sawah dengan padi yang hijau di sepanjang jalan masuk, susunan rumah penduduk di lereng bukit, senyum penduduk yang menghangatkan jiwa dan barisan pohon yang begitu teratur di sepanjang jalan. Suara air yang terus mengalir di sepanjang sungai menuju Tiu Roton seakan memanggil dan tertawa bahagia melihat pengaunjung yang datang setiap harinya.
Tiu Roton

Tiu Roton
Tiu Roton sangat cocok untuk liburan, bersantai dan bermanja dengan alamnya, kealamian dan kehangatannya seakan surga yang tersembunyi di kabupaten baru, Lombok Utara. Nah untuk yang suka camping atau berkemah Tiu Roton bisa jadi salah satu pilihan, sahabat-sahabat bisa berkemah di dekat air terjun dan berkemah di atas bukit dengan pemandangan tiga gili. Jadi, buruan ke Tiu Roton dan nikmati kesejukan alamnya!


KKN Tematik UNRAM 2016

1 komentar: